BAB V KESIMPULAN
Nama : Ria Indriati
NPM  : 15210848
Kelas : 3EA13
MK    : Metode Riset ( Kesimpulan dan Saran) 
BAB V
KESIMPULAN 
I.                   Intisari Analisis
Hasil
 analisis data menunjukkan semua variabel kulatitas pelayanan secara 
signifikan memiliki pengaruh terhadap kepuasan konsumen di Rumah Sakit 
Islam Manisrenggo Klaten. Variabel kualitas pelayanan medis memiliki 
signifikan terhadap kepuasan dengan tingkat signifikan 7 %. Variabel 
kualitas pelayanan paramedis memiliki pengaruh signifikan terhadap 
kepuasan konseumen dengan tingkat signifikan 8,8 %. Variabel pelayanan 
penunjang medis memiliki pengaruh signifikan terhadap kepuasan konsumen 
dengan tingkat signifikan 8,9 %.
Koefisisen
 kualias pelayanan medis 0,05427 dan bertanda positif. Artinya jika 
kualitas pelayanan medis meningkat 1 skor, maka kepuasan kosnumen akan 
meningkat 0,05427 skor. Koefisien kualitas pelayanan paramedis sebesar 
0,06994 dan juga bertanda positif. Hal ini berarti kenaikan 1 skor 
kualitas pelayanan paramedis akan mengakibatkan kenaikan 0,06994 skor 
pada kepuasan konsumen. koefisien kualitas pelayanan penunjang medis 
sebesar 0,06287 juga bertanda positif. Berarti kenaikan 1 skor variabel 
ini akan mengakibatkan kenaikan 0,06287 skor kepuasan konsumen.
II.                Saran dan Rekomendasi
Berdasarkan
 hasil analisis dan pembahasan data di atas dapat disimpulkan bahwa 
semua variabel kualitas pelayanan memiliki pengaruh signifikan terhadap 
kepuasan konsumen Rumah Sakit Islam Manisrenggo Klaten. Variabel 
kualitas pelayanan paramedis memiliki pengaruh terbesar kemudian 
kualitas kenyamanan penunjang medis dan terkecil kualitas pelayanan 
medis.
Saran :
Untuk
 itu, Rumah Sakit Islam Manisrenggo Klaten perlu secara rutin mengamati 
pelayanannya agar dapat mempertahankan kelebihan-kelebihan yang ada dan 
membenahi kekurangan-kekurangannya. Keterlibatan tenaga medis, paramedis
 dan penunjang medis dalam melayanani pasien perlu ditingkatkan agar 
kepercyaan dan pengaruhnya terhadap kepuasan konsumen meningkat. 
Peningkatan kualitas pelayanan paramedis perlu diprioritaskan karena 
variable ini memiliki pengaruh terbesar terhadap kepuasan konsumen.
III.             Kekurangan/Kelemahan
Kekurangannya
 itu pada kualitas pelayanan medis karena kualitas pelayanan medis 
adalah persentase terkecil dari ketiga hipotesis diatas. Variabel 
kualitas pelayanan medis memiliki signifikan terhadap kepuasan dengan 
tingkat signifikan 7 %.
IV.             Usulan/Rekomendasi Riset Selanjutnya
Rekomendasi
 untuk penelitian berikutnya agar mengkaji variabel lain di luar model 
penelitian ini, misalnya kualitas pelayanan nonmedis dan biaya rumah 
sakit. Peneli yang akan datang juga disarankan agar menggunakan metode 
analisis data yang lebih tepat, misalnya binary logistic.
 
Tidak ada komentar:
Posting Komentar