Senin, 03 Desember 2012



 BAB V KESIMPULAN

Nama : Ria Indriati
NPM  : 15210848
Kelas : 3EA13
MK    : Metode Riset ( Kesimpulan dan Saran)
BAB V
KESIMPULAN

I.                   Intisari Analisis

Hasil analisis data menunjukkan semua variabel kulatitas pelayanan secara signifikan memiliki pengaruh terhadap kepuasan konsumen di Rumah Sakit Islam Manisrenggo Klaten. Variabel kualitas pelayanan medis memiliki signifikan terhadap kepuasan dengan tingkat signifikan 7 %. Variabel kualitas pelayanan paramedis memiliki pengaruh signifikan terhadap kepuasan konseumen dengan tingkat signifikan 8,8 %. Variabel pelayanan penunjang medis memiliki pengaruh signifikan terhadap kepuasan konsumen dengan tingkat signifikan 8,9 %.
Koefisisen kualias pelayanan medis 0,05427 dan bertanda positif. Artinya jika kualitas pelayanan medis meningkat 1 skor, maka kepuasan kosnumen akan meningkat 0,05427 skor. Koefisien kualitas pelayanan paramedis sebesar 0,06994 dan juga bertanda positif. Hal ini berarti kenaikan 1 skor kualitas pelayanan paramedis akan mengakibatkan kenaikan 0,06994 skor pada kepuasan konsumen. koefisien kualitas pelayanan penunjang medis sebesar 0,06287 juga bertanda positif. Berarti kenaikan 1 skor variabel ini akan mengakibatkan kenaikan 0,06287 skor kepuasan konsumen.

II.                Saran dan Rekomendasi

Berdasarkan hasil analisis dan pembahasan data di atas dapat disimpulkan bahwa semua variabel kualitas pelayanan memiliki pengaruh signifikan terhadap kepuasan konsumen Rumah Sakit Islam Manisrenggo Klaten. Variabel kualitas pelayanan paramedis memiliki pengaruh terbesar kemudian kualitas kenyamanan penunjang medis dan terkecil kualitas pelayanan medis.

Saran :
Untuk itu, Rumah Sakit Islam Manisrenggo Klaten perlu secara rutin mengamati pelayanannya agar dapat mempertahankan kelebihan-kelebihan yang ada dan membenahi kekurangan-kekurangannya. Keterlibatan tenaga medis, paramedis dan penunjang medis dalam melayanani pasien perlu ditingkatkan agar kepercyaan dan pengaruhnya terhadap kepuasan konsumen meningkat. Peningkatan kualitas pelayanan paramedis perlu diprioritaskan karena variable ini memiliki pengaruh terbesar terhadap kepuasan konsumen.


III.             Kekurangan/Kelemahan

Kekurangannya itu pada kualitas pelayanan medis karena kualitas pelayanan medis adalah persentase terkecil dari ketiga hipotesis diatas. Variabel kualitas pelayanan medis memiliki signifikan terhadap kepuasan dengan tingkat signifikan 7 %.

IV.             Usulan/Rekomendasi Riset Selanjutnya

Rekomendasi untuk penelitian berikutnya agar mengkaji variabel lain di luar model penelitian ini, misalnya kualitas pelayanan nonmedis dan biaya rumah sakit. Peneli yang akan datang juga disarankan agar menggunakan metode analisis data yang lebih tepat, misalnya binary logistic.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar