BAB V KESIMPULAN
Nama : Ria Indriati
NPM : 15210848
Kelas : 3EA13
MK : Metode Riset ( Kesimpulan dan Saran)
BAB V
KESIMPULAN
I. Intisari Analisis
Hasil
analisis data menunjukkan semua variabel kulatitas pelayanan secara
signifikan memiliki pengaruh terhadap kepuasan konsumen di Rumah Sakit
Islam Manisrenggo Klaten. Variabel kualitas pelayanan medis memiliki
signifikan terhadap kepuasan dengan tingkat signifikan 7 %. Variabel
kualitas pelayanan paramedis memiliki pengaruh signifikan terhadap
kepuasan konseumen dengan tingkat signifikan 8,8 %. Variabel pelayanan
penunjang medis memiliki pengaruh signifikan terhadap kepuasan konsumen
dengan tingkat signifikan 8,9 %.
Koefisisen
kualias pelayanan medis 0,05427 dan bertanda positif. Artinya jika
kualitas pelayanan medis meningkat 1 skor, maka kepuasan kosnumen akan
meningkat 0,05427 skor. Koefisien kualitas pelayanan paramedis sebesar
0,06994 dan juga bertanda positif. Hal ini berarti kenaikan 1 skor
kualitas pelayanan paramedis akan mengakibatkan kenaikan 0,06994 skor
pada kepuasan konsumen. koefisien kualitas pelayanan penunjang medis
sebesar 0,06287 juga bertanda positif. Berarti kenaikan 1 skor variabel
ini akan mengakibatkan kenaikan 0,06287 skor kepuasan konsumen.
II. Saran dan Rekomendasi
Berdasarkan
hasil analisis dan pembahasan data di atas dapat disimpulkan bahwa
semua variabel kualitas pelayanan memiliki pengaruh signifikan terhadap
kepuasan konsumen Rumah Sakit Islam Manisrenggo Klaten. Variabel
kualitas pelayanan paramedis memiliki pengaruh terbesar kemudian
kualitas kenyamanan penunjang medis dan terkecil kualitas pelayanan
medis.
Saran :
Untuk
itu, Rumah Sakit Islam Manisrenggo Klaten perlu secara rutin mengamati
pelayanannya agar dapat mempertahankan kelebihan-kelebihan yang ada dan
membenahi kekurangan-kekurangannya. Keterlibatan tenaga medis, paramedis
dan penunjang medis dalam melayanani pasien perlu ditingkatkan agar
kepercyaan dan pengaruhnya terhadap kepuasan konsumen meningkat.
Peningkatan kualitas pelayanan paramedis perlu diprioritaskan karena
variable ini memiliki pengaruh terbesar terhadap kepuasan konsumen.
III. Kekurangan/Kelemahan
Kekurangannya
itu pada kualitas pelayanan medis karena kualitas pelayanan medis
adalah persentase terkecil dari ketiga hipotesis diatas. Variabel
kualitas pelayanan medis memiliki signifikan terhadap kepuasan dengan
tingkat signifikan 7 %.
IV. Usulan/Rekomendasi Riset Selanjutnya
Rekomendasi
untuk penelitian berikutnya agar mengkaji variabel lain di luar model
penelitian ini, misalnya kualitas pelayanan nonmedis dan biaya rumah
sakit. Peneli yang akan datang juga disarankan agar menggunakan metode
analisis data yang lebih tepat, misalnya binary logistic.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar