Senin, 03 Desember 2012



( Review Jurnal / Analisis Jurnal)



Nama : Ria Indriati
NPM  : 15210848
Kelas  : 3EA13



ANALISIS JURNAL 1

  1. Hubungan Kualitas Pelayanan Dan Kepuasan Pasien Dengan Kunjungan Di Balai Pengobatan Gigi Puskesmas Kota Pekanbaru ; Sornauli Saragih ; 2009 ; USU Repository 2008.

  1. Tema : Mutu Pelayanan Rumah Sakit

  1. Latar Belakang Masalah
Dalam Sistem Kesehtan Nasional diebutkan bahwa tujuan pembangunan kesehatan adalah tercapainya kemampuan hidup sehat bagi setiap penduduk agar terwujud derajat kesehatn yang optimal sebagai salah satu unsure kesejahteraan umum, Dalam rangka mencapai tujuan tersebut dilakukan upaya kesehatan yang menyeluruh, terpadu dan merata yang dapat diterima dan terjangkau oleh seluruh masyarakat dengan peran serta aktif masyarakat.

  1. Masalah
Berdasarkan uraian pada latar belakang di atas maka dapat dirumuskan masalah penelitian sebagai berikut :  Bagaimana hubungan kualitas pelayanan (sarana, prasarana, tenaga kesehatan, pelayanan yang tersedia, manajerial) dan kepuasan pasien (kehandalan, daya tanggap, jaminan, empati dan bukti fisik) dengan kunjungan Di Balai Pengobatan Gigi Puskesmas Kota Pekanbaru?

  1. Tujuan Penelitian
Untuk mengetahui hubungan kualitas pelayanan (sarana, prasarana, tenaga kesehatan, pelayanan yang tersedia, manjerial) dan kepuasan pasien (kehandalan, daya tanggap, jaminan, empati, dan bukti fisik) dengan kunjungan Di Balai Pengobatan Gigi Puskesmas Kota Pekanbaru

  1. Metodelogi Penelitian
6.1 Jenis Penelitian
            Jenis Penelitian ang digunakan adalah penelitian survey, dengan tipe explanatory research yaitu pnelitian yang menjelaskan hubungan kualitas pelayanan dan kepuasan pasien dengan kunjungan d Balai Pengobatn Gigi Puskesmas Kota Pekanbaru, (Sugiyono, 2007).

6.2    Populasi dan Sampel

6.2.1 Populasi
Populasi terdiri tas pengunjung poli gigi dan dokter gigi, yaitu semua pengunjung poli gigi dan semua dokter gigi yang ada d 15 Puskesmas Pekanbaru.
           
       6.2.2 Sampel
Sampel adalah sebagian dari populasi yaitu pengunjung dan dokter gigi di Balai Pengobatab Gigi puskesmas yang mempunyai kunjungan rata–rata < 9 orang per hari dan puskesmas yang mempunyai kunjungan > 9 orang per hari. Adapun alas an pengambilan sample ini karena menurut Depkes (1999), indicator efektifitas pemanfaatan puskesmas apabila kunjungan rata – rata pasien poli gigi > 9 orang per hari.
                    6.3.3 Metode Analisis Data
Metode analisis data kuantitatif dalam penelitian ini meliputi kualitas pelayanan dengan analisa univariat yang dimana data yang diperoleh dijabarkan dalam bentuk distribusi frekuensi dan selanjutnya dinarasikan.
Analisis data bivariat, untuk mlihat hubungan anatara variable bebas dan variable terikat pada poli gigi di dua puskesmas dengn menggunakan uji chi-square dengan alfa=0,05
 7. Hipotesis
Ada Hubungan kepuasan pasien dalam pelayanan kesehatan gigi dan mulut (kehandalan, daya tanggap, jaminan, empati dan bukti fisik) dengan kunjungan Di Balai Pengobatan Gigi Puskesmas Kota Pekanbaru.

 8. Hasil dan Analisis
Analisis Statistik
Teknik analisisi dengan chi-square dipergunakan untuk melihat hubungan kepuasan pasien dalam pelayanan keshatan gigi dan mulut dengan kunjungan rata-rata di Balai Pegobatan Gigi Puskesmas Kota Pekanbaru.
            Distribusi kepuasan pasien pada penelitian ini mengukur kepuasan dari aspek kehandalan, daya tanggap, jaminan, empati dan bukti fisik.
            Hubungan Aspek Kehandalan Dalam Pelayanan Kesehatan Gigi dan Mulut Dengan Kunjungan Rata-Rata Di Balai Pengobatan Gigi Puskesmas Kota Pekanbaru

            Sumber : www.google.com
Sornauli Saragih ; Hubungan Kualitas Pelayanan Dan Kepuasan Pasien Dengan Kunjungan Di Balai Pengobatan Gigi Puskesmas Kota Pekanbaru 2009
USU Repository 2008.


ANALISIS JURNAL 2

  1. Analisis Hubungan Persepsi Pasien Tentang Mutu Pelayanan Kesehatan Dengan Tingkat Kepuasan Pasien Di Puskesmas Penumping Kota Surakarta ; Agus Hufron dan Supratman ; 2003.

2.   Tema : Mutu Pelayanan Rumah Sakit

  1. Latar Belakang Masalah
Puskesmas sebagai salah satu pelayanan kesehatan masyarakat mempunyai tugas pokok memberikan pembinaan kesehatan masyarakat dan pelayanan kesehatan dasar. Saat ini distribusi Puskesmas dan Puskesmas Pembantu sebagai ujung tombak pelayanan kesehatan dasar telah lebih merata. Setiap Puskesmas melayani 30000 – 50000penduduk atau sekurang – kurangnya satu kecamatan mempunyai satu puskesmas. Untuk memperluas jangkauan kesehatan, setiap puskesmas dibantu oleh 3 – 4 Puskesmas Pembantu dan satu Puskesmas Keliling (Depkes RI, 2003).

  1. Masalah
Berdasarkan uraian pada latar belakang di atas maka dapat dirumuskan masalah penelitian sebagai berikut :  Bagaimana hubungan kualitas pelayanan (sarana, prasarana, tenaga kesehatan, pelayanan yang tersedia, manajerial) dan kepuasan pasien (kehandalan, daya tanggap, keyakinan, perhatian, penampilan) Dengan Tingkat Kepuasan Pasien Di Puskesmas Penumping Kota Surakarta/

  1. Tujuan
Visi pembangunan kesehatan tahun 2010 adalah mewujudkan masyarakat, bangsa, dan Negara yang sehat, memiliki kemampuan untuk menjngkau pelayanan kesehatan yang bermutu secara dil dan merata serta memiliki derajat kesehatan yang setinggi – tingginya di seluruh wilayah Republik Indonesia. Misi pembangunan kesehatan yaitu melaksanakan upaya promotif, perventif, kuratif dan rehabilitatif. Upaya tersebut dilaksanakan disemua tempat pelayanan kesehatan dan Puskesmas sampai rumah sakit, baik pemerintah maupun swasta (Depkes RI, 2001).

 6. Metodelogi Penelitian
7. Kesimpulan   
          Berdasarkan hasil penagamatan analisis maka dapat disimpulkan :
1.      Dari 111 pasien 37,8 % menyatakan bahwa mutu pelayanan masih rendah dan 39,6 % menyatakan bahwa kepuasan pasien masih rendah.

Sumber  : www.google.com
Berita Ilmu Keperawatan ISSN 1979 – 2697. Vol 1. No. 3.  September    2008 ;119 – 124.
Agus Hufron dan Suoratman (Dosen Keperawatan FIK UMS)


ANALISIS JURNAL 3

  1. Kualitas Pelayanan Dan Kepuasan Konsumen Di Rumah Sakit Islam Manisrenggo Klaten ; Agus Slamet Wiyono dan M. Wahyuddin ;

  1. . Tema            : Mutu Pelayanan Rumah Sakit

  1. Latar Belakang Masalah
Untuk mengetahui penilaian konsumen tentang kualitas pelayanan tenaga medis, paramedic dan penunjang medis, serta kepuasan yang dapat dirsakannya. Hal ini penting sebagai acuan dalam pembenahan pelayanan agar dapat memberikan kepuasan optimal.

  1. Masalah
Bagaimanakah pengaruh kualitas pelayanan medis, kualitas pelayanan paramedis dan kualitas pelayanan penunjang medis terhadap kepuasan konsumen di Rumah Sakit Islma Manisrenggo Klaten?

  1. Tujuan
Tujuannya adalah sebagai acuan dalam pembenahan pelayanan agar dapat memberikan kepuasan optimal.


  1. Metodelogi Penelitian
    1. Populasi dan Sampel
Populasi penelitian ini adalah pelanggan di Rumah Sakit Islam Manisrenggo Klaten. Konsumen yang dijadikan sample adalah pasien yang menggunakana jasa rumah sakit tersebut pada minggu terakhir bulan November dan minggu pertama bulan Desember 2005. Teknik pengambilan sample ditentukan dengan purposive sampling / sampling bertujuan.

    1. Jenis Variabel
                                                              i.      Variabel bebas : X1( kualitas pelayanan medis), X2 (kualitas pelayanan paramedic, dan X3 (kualitas pelayanan penunjang medis)
                                                            ii.      Variabel terikat : Y (kepuasan konsumen)

    1. Metode Analisis Data
Metode analisis data yang digunakan adalah uji validitas dan uji reliabilitas kuesioner. Tahap selanjutnya, data kuesioner dianalisis dengan regresi berganda melalui uji statistic deskriptif, uji-t. Susunan model empiriknya : 
 
7. Hipotesis
H1       : Ada pengaruh signifikan antara kualitas pelayanan medis terhadap kepuasan konsumen di Rumah Sakit Islam Manisrenggo Klaten.
H2       : Ada pengaruh signifikan antara kualitas pelayanan paramedis terhadap   kepuasan konsumen di Rumah Sakit Islam Manisrenggo Klaten.
H3       : Ada pengaruh signifikan antara kualitas pelayanan penunjang medis terhadap kepuasan konsumen di Rumah Sakit Islam Manisrenggo Klaten.

             8. Hasil dan Analisis
Penelitian yang dilakukan pada minggu terakhir bulan November dan minggu pertama bulan Desember 2005 berhasil mengumpulkan data dari 100 konsumen, terdiri dari 70 orang pasien rawat jalan dan 30 orang pasien rawat inap. Hasil analisis data selengkapnya adalah sbb :
    1. Uji Validitas
Hasil uji kuesioner variable X1,X2,X3 Dan Y menunjukkan semua item memiliki r hitung lebih dari r table sehingga dinyatakan valid.

   Sumber : www.google.com
   Agus Slamet Wiyono dan M. Wahyuddin ;
               Universitas Muhammadiyah Surakarta

Tidak ada komentar:

Posting Komentar