Senin, 22 Oktober 2012

Analisis Jurnal 2


ANALISIS JURNAL 2

Hubungan Kualitas Pelayanan Dan Kepuasan Pasien Dengan Kunjungan Di Balai Pengobatan Gigi Puskesmas Kota Pekanbaru ; Sornauli Saragih ; 2009 ; USU Repository 2008.

Tema : Kualitas dan Kuantitas Pelayanan di Puskesmas

Latar Belakang Masalah
Dalam Sistem Kesehatan Nasional disebutkan bahwa tujuan pembangunan kesehatan adalah tercapainya kemampuan hidup sehat bagi setiap penduduk agar terwujud derajat kesehatn yang optimal sebagai salah satu unsur kesejahteraan umum, Dalam rangka mencapai tujuan tersebut dilakukan upaya kesehatan yang menyeluruh, terpadu dan merata yang dapat diterima dan terjangkau oleh seluruh masyarakat dengan peran serta aktif masyarakat.

Masalah
Berdasarkan uraian pada latar belakang di atas maka dapat dirumuskan masalah penelitian sebagai berikut :  Bagaimana hubungan kualitas pelayanan (sarana, prasarana, tenaga kesehatan, pelayanan yang tersedia, manajerial) dan kepuasan pasien (kehandalan, daya tanggap, jaminan, empati dan bukti fisik) dengan kunjungan Di Balai Pengobatan Gigi Puskesmas Kota Pekanbaru?

Tujuan Penelitian
Untuk mengetahui hubungan kualitas pelayanan (sarana, prasarana, tenaga kesehatan, pelayanan yang tersedia, manjerial) dan kepuasan pasien (kehandalan, daya tanggap, jaminan, empati, dan bukti fisik) dengan kunjungan Di Balai Pengobatan Gigi Puskesmas Kota Pekanbaru

Metodelogi Penelitian
 Jenis Penelitian
            Jenis Penelitian ang digunakan adalah penelitian survey, dengan tipe explanatory research yaitu pnelitian yang menjelaskan hubungan kualitas pelayanan dan kepuasan pasien dengan kunjungan d Balai Pengobatn Gigi Puskesmas Kota Pekanbaru, (Sugiyono, 2007).
         Populasi dan Sampel

 Populasi
Populasi terdiri tas pengunjung poli gigi dan dokter gigi, yaitu semua pengunjung poli gigi dan semua dokter gigi yang ada d 15 Puskesmas Pekanbaru

 Sampel
Sampel adalah sebagian dari populasi yaitu pengunjung dan dokter gigi di Balai Pengobatab Gigi puskesmas yang mempunyai kunjungan rata–rata < 9 orang per hari dan puskesmas yang mempunyai kunjungan > 9 orang per hari. Adapun alas an pengambilan sample ini karena menurut Depkes (1999), indicator efektifitas pemanfaatan puskesmas apabila kunjungan rata – rata pasien poli gigi > 9 orang per hari.
            
   Metode Analisis Data
Metode analisis data kuantitatif dalam penelitian ini meliputi kualitas pelayanan dengan analisa univariat yang dimana data yang diperoleh dijabarkan dalam bentuk distribusi frekuensi dan selanjutnya dinarasikan.
Analisis data bivariat, untuk mlihat hubungan anatara variable bebas dan variable terikat pada poli gigi di dua puskesmas dengn menggunakan uji chi-square dengan alfa=0,05

 Hipotesis
Ada Hubungan kepuasan pasien dalam pelayanan kesehatan gigi dan mulut (kehandalan, daya tanggap, jaminan, empati dan bukti fisik) dengan kunjungan Di Balai Pengobatan Gigi Puskesmas Kota Pekanbaru.

 Hasil dan Analisis
Analisis Statistik
Teknik analisisi dengan chi-square dipergunakan untuk melihat hubungan kepuasan pasien dalam pelayanan keshatan gigi dan mulut dengan kunjungan rata-rata di Balai Pegobatan Gigi Puskesmas Kota Pekanbaru.
            Distribusi kepuasan pasien pada penelitian ini mengukur kepuasan dari aspek kehandalan, daya tanggap, jaminan, empati dan bukti fisik.
            Hubungan Aspek Kehandalan Dalam Pelayanan Kesehatan Gigi dan Mulut Dengan Kunjungan Rata-Rata Di Balai Pengobatan Gigi Puskesmas Kota Pekanbaru.

 Sumber : www.google.com
Sornauli Saragih ; Hubungan Kualitas Pelayanan Dan Kepuasan Pasien Dengan Kunjungan Di Balai Pengobatan Gigi Puskesmas Kota Pekanbaru 2009. USU Repository 2008.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar