ANALISIS
JURNAL 2
Hubungan
Kualitas Pelayanan Dan Kepuasan Pasien Dengan Kunjungan Di Balai Pengobatan
Gigi Puskesmas Kota Pekanbaru ; Sornauli Saragih ; 2009 ; USU Repository 2008.
Tema : Kualitas dan Kuantitas Pelayanan di Puskesmas
Latar Belakang Masalah
Dalam
Sistem Kesehatan Nasional disebutkan bahwa tujuan pembangunan kesehatan adalah
tercapainya kemampuan hidup sehat bagi setiap penduduk agar terwujud derajat
kesehatn yang optimal sebagai salah satu unsur kesejahteraan umum, Dalam rangka
mencapai tujuan tersebut dilakukan upaya kesehatan yang menyeluruh, terpadu dan
merata yang dapat diterima dan terjangkau oleh seluruh masyarakat dengan peran
serta aktif masyarakat.
Masalah
Berdasarkan
uraian pada latar belakang di atas maka dapat dirumuskan masalah penelitian
sebagai berikut : Bagaimana hubungan kualitas pelayanan (sarana,
prasarana, tenaga kesehatan, pelayanan yang tersedia, manajerial) dan kepuasan
pasien (kehandalan, daya tanggap, jaminan, empati dan bukti fisik) dengan
kunjungan Di Balai Pengobatan Gigi Puskesmas Kota Pekanbaru?
Tujuan Penelitian
Untuk
mengetahui hubungan kualitas pelayanan (sarana, prasarana, tenaga kesehatan,
pelayanan yang tersedia, manjerial) dan kepuasan pasien (kehandalan, daya
tanggap, jaminan, empati, dan bukti fisik) dengan kunjungan Di Balai Pengobatan
Gigi Puskesmas Kota Pekanbaru
Metodelogi Penelitian
Jenis Penelitian
Jenis Penelitian ang digunakan adalah penelitian survey, dengan tipe
explanatory research yaitu pnelitian yang menjelaskan hubungan kualitas
pelayanan dan kepuasan pasien dengan kunjungan d Balai Pengobatn Gigi Puskesmas
Kota Pekanbaru, (Sugiyono, 2007).
Populasi
dan Sampel
Populasi
Populasi terdiri tas pengunjung poli
gigi dan dokter gigi, yaitu semua pengunjung poli gigi dan semua dokter gigi
yang ada d 15 Puskesmas Pekanbaru
Sampel
Sampel adalah sebagian dari populasi
yaitu pengunjung dan dokter gigi di Balai Pengobatab Gigi puskesmas yang
mempunyai kunjungan rata–rata < 9 orang per hari dan puskesmas yang
mempunyai kunjungan > 9 orang per hari. Adapun alas an pengambilan sample
ini karena menurut Depkes (1999), indicator efektifitas pemanfaatan puskesmas
apabila kunjungan rata – rata pasien poli gigi > 9 orang per hari.
Metode Analisis Data
Metode analisis data kuantitatif
dalam penelitian ini meliputi kualitas pelayanan dengan analisa univariat yang
dimana data yang diperoleh dijabarkan dalam bentuk distribusi frekuensi dan
selanjutnya dinarasikan.
Analisis data bivariat, untuk mlihat
hubungan anatara variable bebas dan variable terikat pada poli gigi di dua
puskesmas dengn menggunakan uji chi-square dengan alfa=0,05
Hipotesis
Ada
Hubungan kepuasan pasien dalam pelayanan kesehatan gigi dan mulut (kehandalan,
daya tanggap, jaminan, empati dan bukti fisik) dengan kunjungan Di Balai
Pengobatan Gigi Puskesmas Kota Pekanbaru.
Hasil dan Analisis
Analisis Statistik
Teknik
analisisi dengan chi-square dipergunakan untuk melihat hubungan kepuasan pasien
dalam pelayanan keshatan gigi dan mulut dengan kunjungan rata-rata di Balai
Pegobatan Gigi Puskesmas Kota Pekanbaru.
Distribusi kepuasan pasien pada penelitian ini mengukur kepuasan dari aspek
kehandalan, daya tanggap, jaminan, empati dan bukti fisik.
Hubungan Aspek Kehandalan Dalam Pelayanan Kesehatan Gigi dan Mulut Dengan
Kunjungan Rata-Rata Di Balai Pengobatan Gigi Puskesmas Kota Pekanbaru.
Sumber : www.google.com
Sornauli Saragih ; Hubungan Kualitas
Pelayanan Dan Kepuasan Pasien Dengan Kunjungan Di Balai Pengobatan Gigi
Puskesmas Kota Pekanbaru 2009. USU Repository 2008.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar