Minggu, 27 Januari 2013

tugas remedial metode riset



TUGAS REMEDIAL METODE RISET
NAMA                                   : RIA INDRIATI
NPM                                       : 15210848
KELAS                                  : 3EA13
MATA KULIAH                  : METODE RISET
DOSEN                                  : DR. PRIHANTORO,SE.,MM


Tema               : Loyalitas konsumen
Judul             : Analisis kepuasan dan loyalitas konsumen pelanggan pada rumah makan sederhana  Mbak Sum
Pengarang      : Ria rezkiana
Tahun              : 2009
.
Latar belakang:
Dalam era globalisasi persaingan bisnis sangat tajam, baik di pasaran domestik maupun internasional. Banyaknya persaingan bisnis yang sama menjadi perhatian khusus bagi sang pemilik usaha, salah satu contohnya adalah warung makan sederhana mbak Sum. Karena sang pemilik ingin agar usaha warung sederhananya bertahan lama sehingga pemilik berusaha mencari solusi untuk mewujudkan impianya.
Hal utama yang biasa diperhatikan dan diprioritaskan adalah dengan membuat strategi pemasaran yang disesuaikan dengan bauran pemasaran (Marketing Mix). Jika pelanggan terpuaskan maka mereka akan berpikir untuk kembali ke rumah makan tersebut di lain kesempatan mungkin dengan kerabat atau koleganya (pembelian ulang / loyalitas). Oleh karena itu sebagai usaha yang bergerak pada usaha rumah makan, maka perusahaan harus memberikan pelayanan yang optimal untuk meningkatkan keloyalitasan konsumen terhadap rumah makan sederhana Mbak Sum
.
Tujuan:
Tujuan penulis membuat penulisan ini dimaksudkan untuk mengetahui seberapa besar tingkat keloyalitasan konsumen terhadap kinerja rumah makan sederhana Mbak Sum, Apakah telah memenuhi kepuasan pelanggan yang berkunjung atau justru sebaliknya.
.
Kesimpulan:
Dari hasil penelitian yang telah dibuat dan diuji, ternyata pelaksanaan rumah makan Mbak Sum belum memenuhi kriteria memuaskan karena kurang dari 100%, namun ada beberapa kriteria yang menurut palanggan telah memuaskan yaitu:
·         Jam buka pkl 06.00 sampai dengan 21.00 (bersifat empati)
·         Layanan delivery pada menu catering (bersifat empati)
·         Harga yang saat ini ditawarkan (bersifat empati)
·         Panyajian makanan yang sesuai dengan pesanan (bersifat daya tanggap)
.
Saran:
·         Coba untuk lebih memperhatikan rasa pada makanan yang disajikan
·         Coba untuk Lebih bersikap ramah dan sopan dalam pelayanan agar konsumen datang lagi d lain hari



TEMA                 :    LOYALITAS KONSUMEN
JUDUL           : ANALISIS KEPUASAN DAN LOYALITAS KONSUMEN TERHADAP TINGKAT PENJUALAN DI KANTIN BUNGA
PENGARANG  : Anastasia Indrias Putri (Ekonomi – Manajemen, Universitas Gunadarma)
TAHUN               : 2011
.
LATAR BELAKANG MASALAH
Dewasa ini persaingan bisnis sudah semakin ketat. Untuk mempertahankan kelangsungan perusahaan perlu merencanakan strategi pemasarannya. Hal yang paling mendasar dalam strategi pemasaran adalah pemahaman tentang konsep pemasaran, dimana kepuasan konsumen adalah titik pusatnya. Apabilan konsumen puas dengan apa yang konsumen dapatkan, maka konsumen akan menjaga loyalitasnya kepada perusahaan. Jadi untuk dapat bertahan dan mencapai tujuan umum perusahaan yaitu laba, maka perusahaan perlu memperhatikan kualitas produk atau jasanya agar konsumen merasa puas.
Kepuasan Konsumen adalah suatu kondisi dimana keinginan, harapan dan kebutuhan konsumen dipenuhi. Suatu pelayanan dinilai memuaskan apabila pelayanan tersebut dapat memenuhi kebutuhan dan harapan konsumen. Pengukuran kepuasan konsumen merupakan salah satu elemen penting dalam menyediakan pelayanan yang lebih baik, lebih efisien dan juga lebih efektif. Apabila konsumen merasa tidak puas terhadap suatu pelayanan yang disediakan pleh perusahaan, maka pelayanan tersebut dapat dipastikan tidak efektif dan tidak efisien. Hal ini terutama sangat penting bagi pelayanan publik.
.
MASALAH
Berdasarkan hal-hal yang tersebut diatas, maka pokok masalah dalam penelitian ini adalah sebagai berikut:
1. Adakah kaitan antara kepuasan konsumen dengan mutu atau strategi pemasaran?
2.  Adakah faktor yang mempengaruhi kepuasan dan loyalitas konsumen?
.
TUJUAN
Berikut adalah tujuan dari penelitian :
1.     Untuk mengetahui apakah konsumen puas dengan makanan yang di sajikan oleh Kantin Bunga.
2.     Untuk mengetahui faktor apa saja yang dapat mempengaruhi loyalitas dan kepuasan konsumen
3.     Untuk mengetahui apa saja faktor tersebut dapat mempengaruhi loyalitas konsumen?
.
HASIL DAN KESIMPULAN
Loyalitas konsumen adalah suatu pembelian ulang yang dilakukan oleh seorang pelanggan karena komitmen pada suatu merk atau perusahaan.
Ada dua faktor yang mempengaruhi suatu konsumen untuk loyal:
1.    faktor harga sesorang tentu akan memilih perusahaan atau merk yang menurutnya menyediakan harga yang murah diantara pilihan yang ada
2.    faktor kebiasaan sesorang yang telah terbiasa menggunakan suatu merk akan sulit untuk berpindah ke perusahaan atau merk yang lain
Konsumen yang membeli makanan dari Kantin Bunga sebagian besar mendapat informasi dari sekitar. Setelah mengkonsumsi atau melakukan pembelian, maka konsumen akan memberikan penilaian yang dapat berupa kepuasan maupun ketidakpuasan konsumen. Hasil dari kepuasan atau ketidakpuasan tersebut berdampak kepada Loyalitas Konsumen, dan hampir semua konsumen yag pernah mengkonsumsi makanan dari Kantin Bunga menyatakan Puas dengan rasa masakan dan juga pelayanan kantin Bunga. Konsumen yang puas biasanya akan melakukan pembelian ulang, sedangkan konsumen yang tidak puas akan melakukan evaluasi dengan menganalisis kembali faktor- faktor apa saja yang menyebabkan ketidakpuasan tersebut. Konsumen yang puas dan melakukan pembelian berulang-ulang akan berpotensi menjadi pelanggan yang loyal.
Loyalitas sebagai suatu kondisi dimana pelanggan mempunyai sikap positif terhadap suatu merk, mempunyai komitmen pada merk tersebut, dan bermaksud untuk meneruskan pembeliannya dimasa mendatang. Sehingga loyalitas konsumen dapat diartikan kesetiaan seseorang atas suatu produk, baik barang maupun jasa. Loyalitas konsumen merupakan manifestasi dan kelanjutan dari kepuasaan konsumen dalam menggunakan fasilitas maupun jasa pelayanan yang diberikan oleh perusahaan. Loyalitas sebagai bukti konsumen yang selalu menjadi pelanggan, memiliki sikap positif yang loyal terhadap perusahaan
SARAN
Untuk lebih meningkatkan pelanggan “Kantin Bunga”, pemilik bisa mencoba unutuk menyajikan variasi menu baru. Selain itu pemilik juga bisa meluaskan ruangan makan Kantin Bunga agar makin banyak konsumen yang datang. Pelayan yang baik harus tetap di jaga karena itu merupakan salah satu faktor loyalnya para konsumen terhadap Kantin Bunga


TEMA               : Loyalitas Konsumen
JUDUL            : PENGARUH TRUST IN A BRAND  TERHADAP BRAND LOYALTY (KONSUMEN AIR MINUM AQUA DI KOTA DENPASAR)

PENGARANG : GEDE RIANA (Fakultas Ekonomi, Jurusan Manajemen; Universitas Udayana, Denpasar)
TAHUN              : 2008
.
Latar Belakang
Untuk melakukan kegiatan sehari-hari tentunya manusia sangat membutuhkan air, mulai dari makan, minum, mandi, dan segala keperluan lain. Khususnya untuk keperluan makan dan minum, masyarakat kini ditawarkan dengan berbagai merek air minum yang memang sangat dibutuhkan mengingat air sumur atau air tanah di kawasan ibukota tidak layak miunm.
Separuh dari tubuh manusia adalah cairan, oleh karena itu jika saja dalam sehari manusia kekurangan cairan maka sistem pencernaan,ginjal hingga otak tidak mampu bekerja secara maksimal.
Ditengah-tengah kondisi ibukota yang kondisi air tanahnya semakin memprihatinkan, sejak tahun 1973 AQUA konsisten dengan kualitasnya membantu seluruh masyarakat Indonesia untuk lebih sehat.
Di dunia kesehatan, terbukti air mineral yang bersih mampu menyehatkan dibanding minuman rasa. Oleh karena itu produk AQUA harus dikembangkan demi tercapainya masyarakat yang sehat. Kesetiaan pelanggan tidak dapat begitu saja diraih oleh PT. Aqua. Puluhan tahun  berjuang untuk meyakinkan bahwa AQUA adalah yang terbaik
.
MASALAH
Dari hal tersebut diatas dapat dirumuskan permasalahan sebagai berikut:
1.    Apakah variabel brand characteristic, company characteristic, dan consumer brand characteristic secara bersama-sama berpengaruh signifikan terhadapbrand loyalty pada konsumen air minum Aqua ?
2.    Apakah variabel brand characteristic, company characteristic, dan consumer–brand characteristic secara parsial berpengaruh signifikan terhadap brandloyaltypada  konsumen air minum Aqua serta variabel mana yang berpengaruh dominan ?
.
Tujuan Penelitian
1.    Untuk mengetahui pengaruh secara bersama-sama variabel brand characteristic, company characteristic, dan consumer – brand characteristicterhadap brand loyalty pada konsumen air minum Aqua.
2.    Untuk mengetahui pengaruh secara parsial variabel brand characteristic, company characteristic, dan consumer–brand characteristic  terhadap brand loyaltypada konsumen air minum Aqua serta variabel yang dominan berpengaruh
.
Kesimpulan
1.    Secara bersama-sama variabel trust in a brand yang meliputi brand characteristic, company characteristic, dan consumerbrand characteristic mempengaruhi brand loyalty.
2.    Secara parsial variabel trust in a brand yang meliputi brand characteristic, company characteristic, dan consumer – brand characteristic berpengaruh signifikan terhadap brand loyalty.
.
Saran
Upaya peningkatan kepercayaan konsumen terhadap brand characteristictersebut dapat dilakukan melalui peningkatan intensitas kegiatan-kegiatan yang berhubungan dengan masyarakat.




NAMA                  : RIA INDRIATI
NPM                      : 15210848
KELAS                    : 3EA13
PENGARUH LOYALITAS KONSUMEN TERHADAP PRILAKU KONSUMEN INDONESIA
 
 







BAB I
PENDAHULUAN


Latar Belakang
Mnurut Gremler dan Brown (dalam Ali Hasan, 2008:83) bahwa loyalitas pelanggan adalah pelanggan yang tidak hanya membeli ulang suatu barang dan jasa, tetapi juga mempunyai komitmen dan sikap yang positif terhadap perusahaan jasa, misalnya dengan merekomendasikan orang lain untuk membeli. Perilaku konsumen merupakan suatu aspek penting yang harus diperhatikan dalam memenuhi dan melayani kebutuhan dan keinginan konsumen. Menurut Sumarwan (2003), perilaku konsumen merupakan kegiatan, tindakan, serta proses psikologis yang mendorong tindakan tersebut pada saat sebelum membeli, ketika membeli, menggunakan, menghabiskan produk dan jasa setelah melakukan hal-hal di atas atau kegiatan mengevaluasi. Perilaku konsumen merupakan proses pengambilan keputusan dan aktivitas masing-masing individu yang dilakukan dalam rangka evaluasi, penggunaan atau mengatur barang-barang dan jasa (Nugroho, 2002). Menurut Mangkunegara (2002), perilaku konsumen adalah tindakan-tindakan yang dilakukan oleh individu, kelompok atau organisasi yang berhubungan dengan proses pengambilan keputusan dalam mendapatkan dan menggunakan barang-barang ekonomis yang dapat dipengaruhi lingkungan. olah karena itu pengarang disini akan menganalisis dari tiga jurnal yaitu, "analisis kepuasan dan loyalitas pelanggan pada rumah makan sederhana mbak sum" , " analisis dan loyalitas konsumen terhadap tingkat penjualan dikantin bunga" dan "pengaruh trust in a brand terhadap brand loyality (konsumen air minum aqua di kota denpasar" untuk mengetahui pengaruh tingkat loyalitas terhadap perilaku konsumen indonesia.


masalah
1. pengaruh rasa terhadap loyalitas konsumen
2. Adakah faktor yang mempengaruhi kepuasan dan loyalitas konsumen?

tujuan
1. untuk mengetahui apakah rasa suatu barang atau makanan mempengaruhi loyalitas
2. untuk mengetahui faktor-faktor yang mempengaruhi kepuasan dan loyalitas konsumen

kesimpulan
1. ternyata tingkat rasa suatu barang atau makanan dapat mempengaruhi loyalitas konsumen

2. faktor yang mempengaruhi :
1.  faktor harga sesorang tentu akan memilih perusahaan atau merk yang menurutnya menyediakan harga yang murah diantara pilihan yang ada
2.  faktor kebiasaan sesorang yang telah terbiasa menggunakan suatu merk akan sulit untuk berpindah ke perusahaan atau merk yang lain


BAB II
LANDASAN TEORI


Teori

          Perilaku konsumen merupakan suatu aspek penting yang harus diperhatikan dalam memenuhi dan melayani kebutuhan dan keinginan konsumen. Menurut Sumarwan (2003), perilaku konsumen merupakan kegiatan, tindakan, serta proses psikologis yang mendorong tindakan tersebut pada saat sebelum membeli, ketika membeli, menggunakan, menghabiskan produk dan jasa setelah melakukan hal-hal di atas atau kegiatan mengevaluasi. Perilaku konsumen merupakan proses pengambilan keputusan dan aktivitas masing-masing individu yang dilakukan dalam rangka evaluasi, penggunaan atau mengatur barang-barang dan jasa (Nugroho, 2002). Menurut Mangkunegara (2002), perilaku konsumen adalah tindakan-tindakan yang dilakukan oleh individu, kelompok atau organisasi yang berhubungan dengan proses pengambilan keputusan dalam mendapatkan dan menggunakan barang-barang ekonomis yang dapat dipengaruhi lingkungan. olah karena itu pengarang disini akan menganalisis dari tiga jurnal yaitu, "analisis kepuasan dan loyalitas pelanggan pada rumah makan sederhana mbak sum" , " analisis dan loyalitas konsumen terhadap tingkat penjualan dikantin bunga" dan "pengaruh trust in a brand terhadap brand loyality (konsumen air minum aqua di kota denpasar" untuk mengetahui pengaruh tingkat loyalitas terhadap perilaku konsumen indonesia.

Penelitian terdahulu
Jadi kesimpulan sementara dari jurnal-jurnal diatas adalah
·         Pelayanan merupakan faktor yang mempengaruhi keloyalitasan konsumen
·         Harga mempengaruhi loyalitas konsumen
·         Brand mempengaruhi loyalitas konsumen

hipotesis
Secara parsial variabel trust in a brand yang meliputi brand characteristic, company characteristic, dan consumer – brand characteristic berpengaruh signifikan terhadap brand loyalty. Dan faktor harga sesorang tentu akan memilih perusahaan atau merk yang menurutnya menyediakan harga yang murah diantara pilihan yang ada serta ada beberapa kriteria yang menurut palanggan telah memuaskan yaitu:
·             Jam buka pkl 06.00 sampai dengan 21.00 (bersifat empati)
·             Layanan delivery pada menu catering (bersifat empati)
·             Harga yang saat ini ditawarkan (bersifat empati)
·             Panyajian makanan yang sesuai dengan pesanan (bersifat daya tanggap)



BAB III
METODELOGI PENELITIAN


Data Sekunder (Secindary Data)

Data sekunder merupakan sumber data penelitian yang diperoleh peneliti secara tidak langsung melalui media perantara (diperoleh dan dicatat oleh pihak lain). Data sekunder umumnya berupa bukti, catatan atau laporan historis yang telah tersusun dalam arsip (data dokumenter) yang dipublikasikan dan yang tidak dipublikasikan.
Sebelum proses pencarian data sekunder dilakukan, kita perlu melakukan identifikasi kebutuhan terlebih dahulu. identifikasi dapat dilakukan dengan cara membuat pertanyaan-pertanyaan sebagai berikut: 1) Apakah kita memerlukan data sekunder dalam menyelesaikan masalah yang akan diteliti? 2) Data sekunder seperti apa yang kita butuhkan? Identifikasi data sekunder yang kita butuhkan akan membantu mempercepat dalam pencarian dan penghematan waktu serta biaya.
Data sekunder dapat dipergunakan untuk hal-hal sebagai berikut:
a.  Pemahaman Masalah:Data sekunder dapat digunakan sebagai sarana pendukung untuk memahami masalah yang akan kita teliti. Sebagai contoh apabila kita akan melakukan penelitian dalam suatu perusahaan, perusahaan menyediakan company profile atau data administratif lainnya yang dapat kita gunakan sebagai pemicu untuk memahami persoalan yang muncul dalam perusahaan tersebut dan yang akan kita gunakan sebagai masalah penelitian.
b. Penjelasan Masalah: Data sekunder bermanfaat sekali untuk memperjelas masalah dan menjadi lebih operasional dalam penelitian karena didasarkan pada data sekunder yang tersedia, kita dapat mengetahui komponen-komponen situasi lingkungan yang mengelilinginya. Hal ini akan menjadi lebih mudah bagi peneliti untuk memahami persoalan yang akan diteliti, khususnya mendapatkan pengertian yang lebih baik mengenai pengalaman-pengalaman yang mirip dengan persoalan yang akan diteliti
c.   Formulasi Alternative-Alternative Penyelesaian Masalah yang Layak
Sebelum kita mengambil suatu keputusan, kadang kita memerlukan beberapa alternative lain. Data sekunder akan bermanfaat dalam memunculkan beberapa alternative lain yang mendukung dalam penyelesaian masalah yang akan diteliti. Dengan semakin banyaknya informasi yang kita dapatkan, maka peneyelesaian masalah akan menjadi jauh lebih mudah.
d.  Solusi Masalah: Data sekunder disamping memberi manfaat dalam membantu mendefinisikan dan mengembangkan masalah, data sekunder juga kadang dapat memunculkan solusi permasalahan yang ada. Tidak jarang persoalan yang akan kita teliti akan mendapatkan jawabannya hanya didasarkan pada data sekunder saja.

Data Primer (Primary Data)

Data primer merupakan sumber data yang diperoleh langsung dari sumber asli (tidak melalui media perantara). Data primer dapat berupa opini subjek (orang) secara individual atau kelompok, hasil observasi terhadap suatu benda (fisik), kejadian atau kegiatan, dan hasil pengujian. Metode yang digunakan untuk mendapatkan data primer yaitu : (1) metode survei dan (2) metode observasi.
Metode Survei (Survey Methods)
o  Metode survei merupakan metode pengumpulan data primer yang menggunakan pertanyaan lisan dan tertulis.
o  Metode ini memerlukan adanya kontak atau hubungan antara peneliti dengan subjek (responden) penelitian untuk memperoleh data yang diperlukan.
o  Data yang diperoleh sebagian besar merupakan data deskriptif, akan tatapi pengumpulan data dapat dirancang untuk menjelesakan sebab akibat atau mengungkapkan ide-ide.
o  Umumnya digunakan untuk mengumpulkan data yang sama dari banyak subjek.
o  Teknik yang digunakan adalah (1) wawancara, dan (2) kuesioner.
Wawancara (Interview)
o  Wawancara merupakan teknik pengumpulan data dalam metode survei yang menggunakan pertanyaan secara lisan kepada responden atau subjek penelitian.
o  Teknik wawancara dilakukan jika peneliti memerlukan komunikasi atau hubungan dengan responden.
o  Data yang dikumpulkan umumnya berupa masalah tertentu yang bersifat kompleks, sensitif atau kontroversial, sehingga kemungkinan jika dilakukan dengan kuesioner akan kurang memperoleh tanggapan responden.
o  Teknik ini terutama untuk responden yang tidak dapat membaca-menulis atau sejenis pertanyaan yang memerlukan penjelasan dari pewawancara atau memerlukan penerjemahan.
o  Teknik wawancara dapat dilakukan dengan (1) melalui tatap muka dan (2) melalui telepon.

data jurnal
Jurnal 1
Dalam era globalisasi persaingan bisnis sangat tajam, baik di pasaran domestik maupun internasional. Banyaknya persaingan bisnis yang sama menjadi perhatian khusus bagi sang pemilik usaha, salah satu contohnya adalah warung makan sederhana mbak Sum. Karena sang pemilik ingin agar usaha warung sederhananya bertahan lama sehingga pemilik berusaha mencari solusi untuk mewujudkan impianya.
Hal utama yang biasa diperhatikan dan diprioritaskan adalah dengan membuat strategi pemasaran yang disesuaikan dengan bauran pemasaran (Marketing Mix). Jika pelanggan terpuaskan maka mereka akan berpikir untuk kembali ke rumah makan tersebut di lain kesempatan mungkin dengan kerabat atau koleganya (pembelian ulang / loyalitas). Oleh karena itu sebagai usaha yang bergerak pada usaha rumah makan, maka perusahaan harus memberikan pelayanan yang optimal untuk meningkatkan keloyalitasan konsumen terhadap rumah makan sederhana Mbak Sum
Jurnal 2
Dewasa ini persaingan bisnis sudah semakin ketat. Untuk mempertahankan kelangsungan perusahaan perlu merencanakan strategi pemasarannya. Hal yang paling mendasar dalam strategi pemasaran adalah pemahaman tentang konsep pemasaran, dimana kepuasan konsumen adalah titik pusatnya. Apabilan konsumen puas dengan apa yang konsumen dapatkan, maka konsumen akan menjaga loyalitasnya kepada perusahaan. Jadi untuk dapat bertahan dan mencapai tujuan umum perusahaan yaitu laba, maka perusahaan perlu memperhatikan kualitas produk atau jasanya agar konsumen merasa puas.
Kepuasan Konsumen adalah suatu kondisi dimana keinginan, harapan dan kebutuhan konsumen dipenuhi. Suatu pelayanan dinilai memuaskan apabila pelayanan tersebut dapat memenuhi kebutuhan dan harapan konsumen. Pengukuran kepuasan konsumen merupakan salah satu elemen penting dalam menyediakan pelayanan yang lebih baik, lebih efisien dan juga lebih efektif. Apabila konsumen merasa tidak puas terhadap suatu pelayanan yang disediakan pleh perusahaan, maka pelayanan tersebut dapat dipastikan tidak efektif dan tidak efisien. Hal ini terutama sangat penting bagi pelayanan publik
Jurnal 3
Untuk melakukan kegiatan sehari-hari tentunya manusia sangat membutuhkan air, mulai dari makan, minum, mandi, dan segala keperluan lain. Khususnya untuk keperluan makan dan minum, masyarakat kini ditawarkan dengan berbagai merek air minum yang memang sangat dibutuhkan mengingat air sumur atau air tanah di kawasan ibukota tidak layak miunm.
Separuh dari tubuh manusia adalah cairan, oleh karena itu jika saja dalam sehari manusia kekurangan cairan maka sistem pencernaan,ginjal hingga otak tidak mampu bekerja secara maksimal.
Ditengah-tengah kondisi ibukota yang kondisi air tanahnya semakin memprihatinkan, sejak tahun 1973 AQUA konsisten dengan kualitasnya membantu seluruh masyarakat Indonesia untuk lebih sehat.
Di dunia kesehatan, terbukti air mineral yang bersih mampu menyehatkan dibanding minuman rasa. Oleh karena itu produk AQUA harus dikembangkan demi tercapainya masyarakat yang sehat. Kesetiaan pelanggan tidak dapat begitu saja diraih oleh PT. Aqua. Puluhan tahun  berjuang untuk meyakinkan bahwa AQUA adalah yang terbaik


BAB IV
PEMBAHASAN


Deskripsi Data

Penyajian dalam bentuk tabel relatif lebih mudah dan sering digunakan untuk menyajikan variabel penelitian yang akan dideskripsikan. Dalam hal ini, data pada variabel penelitian dirangkum dan disajikan dalam tabel (yang berkomposisi baris dan kolom). Secara teknis, penyajian data dalam bentuk tabel dimaksudkan untuk memudahkan dalam perbandingan data numerik. Meskipun tidak ada aturan standarnya, kolom-kolom pada tabel sebaiknya adalah item yang ingin diperbandingkan. Biasanya, jika dianggap relevan, tabel ditutup dengan jumlah pada kolom dan/atau baris. Hasil pengolahan data yang berupa numerik atau dalam bentuk angka dapat disajikan dalam bentuk tabel frekuensi dan tabel silang.


Tabel
Jenis Kelamin
Tingkat Pendidikan
Total
Rendah
Menengah
Tinggi
Laki-laki
75
(60,48%)
35
(28,23%)
14
(11,29%)
74
(100%)
Perempuan
35
(44,87%)
12
(15,39%)
31
(39,74%)
78
(100%)
Total
110
(54,46%)
47
(23,27%)
45
(22,28%)
202
(100%)


Kategori
Frekuensi
Persentase
Laki-laki
125
62,5
Peempuan
75
37,5
Jumlah
200
100

analisis

ternyata tingkat rasa suatu barang bisa mempengaruhi perilaku kudatangan konsumen, faktor harga sesorang tentu akan memilih perusahaan atau merk yang menurutnya menyediakan harga yang murah diantara pilihan yang ada
faktor kebiasaan sesorang yang telah terbiasa menggunakan suatu merk akan sulit untuk berpindah ke perusahaan atau merk yang lain          



BAB 5
KESIMPULAN DAN SARAN



Kesimpulan


Pengumpulan data merupakan salah satu tahapan penting dalam kegiatan penelitian dan dilakukan setelah peneliti selesai membuat desain penelitian sesuai dengan masalah yang akan diteliti. Pengambilan data primer dalam survei menggunakan kuesioner. Secara teori proses pengambilan data memegang peranan penting dalam menentukan validitas hasil penelitian. Oleh karena itu, dalam teori validitas, hasil riset tidak akan mempunyai validitas tinggi, jika peneliti melakukan kesalahan dalam pengambilan data yang secara tekni disebut data collection error. Kesalahan dalam pengambilan data primer akan berakibat secara langsung dalam hasil analisa yang tidak sesuai dengan masalah yang akan dijawab sehingga hasil studi akan menghasilkan kesimpulan yang salah.
Sebelum kita mengambil suatu keputusan, kadang kita memerlukan beberapa alternative lain. Data sekunder akan bermanfaat dalam memunculkan beberapa alternative lain yang mendukung dalam penyelesaian masalah yang akan diteliti. Dengan semakin banyaknya informasi yang kita dapatkan, maka peneyelesaian masalah akan menjadi jauh lebih mudah.
Data sekunder disamping memberi manfaat dalam membantu mendefinisikan dan mengembangkan masalah, data sekunder juga kadang dapat memunculkan solusi permasalahan yang ada. Tidak jarang persoalan yang akan kita teliti akan mendapatkan jawabannya hanya didasarkan pada data sekunder saja.

jadi pada intinya, hasil penelitian yang saya lakukan adalah

1. ternyata tingkat rasa suatu barang atau makanan bisa mempengaruhi perilaku loyalitas konsumen
2.
 faktor harga sesorang tentu akan memilih perusahaan atau merk yang menurutnya menyediakan harga yang murah diantara pilihan yang ada
3. faktor kebiasaan sesorang yang telah terbiasa menggunakan suatu merk akan sulit untuk berpindah ke perusahaan atau merk yang lain




Daftar Pustaka

Tidak ada komentar:

Posting Komentar