Kamis, 24 Maret 2011

tugas soft skill 3


Tugas soft skill 3
Bab 3. Reported Speech

Definisi : Reported speech merupakan kalimat – kalimat ulang dari perkataan seseorang.
                Reported speech berkaitan dengan Direct Speech dan indirect speech. Direct speech adalah kalimat langsung sedangkan indirect speech kalimat tidak langsung.

Pengertian : Reported speech adalah kalimat yang didalamnya merupakan kalimat ulang dari perkataan seseorang dan kalimat ulang tersebut bisa menjadi kalimat ulang langsung atau Direct speech dan kalimat tidak langsung atau indirect speech.  Kalimat langsung adalah kalimat yang diucapkan langsung oleh seseorang atau si pembicara dan apabila kita mengikuti secara sama perkataan yang dibicarakan tanpa mengubah susunan kata-katanya sedikitpun, maka kutipan tersebut dinamakan kalimat langsung. Sedangkan kalimat tidak langsung adalah kalimat yang diucapkan untuk menyampaikan pernyataan seseorang kepada orang lain. Apabila kita menceritakan apa yang dikatakan seseorang dengan maksud yang sama, tetapi susunan kalimatnya berbeda, berarti kalimat itu merupakan kalimat tidak langsung karena didalam kalimat tersebut susunan kata- katanya tidak sama atau terjadi perubahan.

1.      Direct Speech
Kalimat langsung dibagi menjadi dua bagian yaitu :
a.       Reporting Verb adalah kata kerja yang melaporkan
b.      Reported Words adalah kata-kata yang dilaporkan
Catatan :
Contoh kalimat dalam direct speech
1.Teacher : Andi, come in front of the class!
2.Mrs. Berta : Students, do your test with care!
3.Mr. Hendra : Tino, write your name on the board!
4.Teacher : Boys and girls, listen carefully!
5.Susan : Shanty, do you always help your mother after school?
Contoh kalimat direct speech ada tanda kutip pada isi perkatan sedangkan contoh kalimat indirect speech tidak ada tanda kutip.

Apabila dalam kalimat aktif subyeknya merupakan kata ganti orang misalnya he, she, it, maka bila diletakkan dibelakang, subyek tersebut diletakkan setelah contoh kalimat pertama tanpa mengalami perubahaan bentuk dan susunan.  Apabila dalam kalimat aktif subyek merupakan kata benda nama diri misalnya John, Tony,Shanty, maka bila diletakkan dibelakang, subyek tersebut terletak di akhir kalimat (contoh kalimat kedua) tanpa mengalami perubahan bentuk.

2.      Indirect Speech   
Kalimat tidak langsung,merupakan kalimat yang diucapakan untuk menyampaikan perkatan seseorang kepada orang lain. Atau kalimat yang mengatakan kembali ucapan seseorang tanpa mengubah maksud apa yang di katakan si pembicara. Indirect speech bisa juga disebut reported speech atau kalimat yang dilaporkan karena di dalam indirect speech tidak ada tanda kutip. Ada beberapa hal yang perlu diperhatikan dalam kalimat tidak langsung ini diantranya :
1.      Dalam kalimat tak langsung ini, antara reporting Verb dan Reported Wordnya dihubungkan oleh kata penghubung
2.      Dalam kalimat tidak langsung tanda kutip tidak digunakan.

Berdasarkan jenis kalimatnya maka Direct and indirect speech dapat dibedakn menjadi tiga bagian , yaitu :
1.      Command abd Request
2.      Statement
3.      Question

Kalimat tidak langsung dapat dibentuk menjadi kalimat langsung, tetapi dalam perubahannya harus sesuai dengan aturan yang telah ditentukan.
Contoh :
1.      He says that she is very diligent
2.      He was happy
3.      Shanty says that he is careful in traveler
4.      Susi said that she was dancing with john
5.      Jenny said that Antony was study in the house.
Direct  Speech and Indirect Speech di bagi menjadi beberapa kalimat yaitu, :
1.      kalimat pernyataan (Statements) sering menggunakan kata TOLD atau ORDERED
2.      kalimat permohonan (Request) sering menggunakan kata ASKED
3.      kalimat Tanya (Questions) menggunakan ASKED
4.      kalimat seru (Exclamations) menggunakan HOW atau WHAT,


Sumber : ABC plus Grammar(comlecte edition),
                English in context , Wahyu Sundayana, Agustin Hartanti,dkk 2005,Grafindo.
English Grammar, Idi Supono, 2008, PT. Wahyu Media.



Refrensi      


1.Practical complete English Grammar, M J Ladu, april 2008, Titik Terang
2.Bahasa inggris 2, Ichwan Suyudi dan Sri Widiati, desember 1995, Gunadarma
3.English in context senior high school, Rachmat kurnia, Edi marsongko,dkk,   2005   Grafindo  
4.ABC plus Grammar(comlecte edition),
5.English in context , Wahyu Sundayana, Agustin Hartanti,dkk 2005,Grafindo.
6.English Grammar, Idi Supono, 2008, PT. Wahyu Media.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar