Rabu, 04 Desember 2013




KARAKTERISTIK WIRAUSAHAWAN

Apa yang akan kita lakukan setelah lulus kuliah nanti? Pasti banyak sekali jawaban yang akan kita terima, nah salah satu dari jawaban responden pasti ada yang ingin menjadi wirausahawan. Kenapa memilih menjadi wirausahawan? Alasan yang pertama pasti ingin merasakan menjadi seorang atasan atau bos yang bisa memiliki bawahan, alasan ke dua karna memiliki peluang bisnis yang memberikan keuntungan yang menjanjikan saat ini atau masa yang akan datang nanti , sedangkan alasan yang terakhir yaitu ingin membuka lapangan kerja baru. Untuk menjadi seorang wirausahawan yang berhasil harus mempunyai karakteristik yang baik dan menarik. Apa sih karakteristik itu? Karakteristik itu merupakan sifat atau tingkah laku dari seseorang. 

Karakteristik wirausahawan adalah sifat atau tingkah laku khas dari wirausahawan yang membedakan dirinya dengan orang lain. karena   setiap wirausahawan pasti mempunyai karakteristik yang khas dan dimiliki secara khusus sehingga bisa berbeda dengan wirausahawan lainnya.
Karakteristik tersebut dimiliki dan dikembangkan oleh seorang wirausaha misalnya :
        1. Naluri bisnis sangat tajam (peka terhadap peluang usaha)
        2. Cepat melihat peluang usaha.
        3. Kreatif
        4. Ulet dan siap pada tantangan.
        5. Ingin mencapai usaha yang menguntungkan

Misalnya, pada naluri bisnis sangat tajam dan cepat melihat peluang usaha, jadi seorang wirausahawan harus selalu peka terhadap peluang usaha bisnis yang ada, jangan sampai peluang bisnis kita di ambil oleh pesaing lainnya yang terlebih dahulu sadar atau lebih peka terhadap peluang tersebut. 
Kreatif, dalam hal kreatif seorang wirausahawan harus selalu memiliki ide-ide kreatif yang baru dan berinovasi. Harus selalu bisa mencari ide baru apa yang sekiranya bisa berkembang di pasar  untuk jangka pendek dan jangka panjang, sehingga usaha kita selalu berada nomer satu dan selalu bisa bersaing dengan usaha-usaha yang lain, yang paling terpenting jangan sampai usaha kita tertinggal oleh zaman. Kalau sampai tertinggal oleh zaman usaha kita terancam merugi, karena kita harus selalu mengetahui selera pasar jangan sampai tertinggal oleh selera pasar. 

Seorang wirausahawan juga harus punya sisi keuletan dalam bekerja jangan sampai kita malas dalam mencari peluang bisnis baru. Karena setiap usaha itu tidak ada yang langsung mendapat kesuksesan pasti semua butuh proses dan selalu bertahap, jadi untuk masa tumbuh kembang usaha, seorang wirausahawan harus ulet dan siap pada tantangan di depannya jangan mudah putus asa begitu saja. Karena kalau kita putus asa melihat usaha kita tidak ada kemajuan, maka yang ada hanya satu yaitu selalu mengeluh, tidak ada semangat lagi untuk berusaha mencari jalan keluar terbaik untuk mengatasi masalah ini, lama kelamaan yang ada malah usaha kita gulung tikar dalam waktu yang sangat singkat.

Nah, yang terakhir dari salah satu karakteristik yang dimiliki oleh seorang wirausahawan yaitu ingin mencapai usaha yang menguntungkan. Kalau kita ingin melihat usaha yang kita rintis cepat memperoleh keuntungan maka kita sebagai wirausaha harus peka terhadap peluang bisnis yang di inginkan pasar, harus bisa memiliki ide-ide brilliant yang membuat usaha kita ini bisa berbeda dari usaha lainnya, harus ulet dan sabar dalam merisntis usaha. Jadi, dengan adanya kelima karakteristik yang harus dimiliki seorang wirausahawan ini, bisa menjadi pelajaran atau acuan buat kita yang ingin membuka peluang bisnis baru.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar