Senin, 26 Maret 2012

Hak dan Kewajiban Warga Negara Indonesia

 
Berdasarkan undang-undang 1945 pada pasal 30 ayat 1 tertulis “tiap-tiap warga negara wajib dan berhak ikut serta dalam membela negara” dan “syarat-syarat pembelaan negara diatur oleh undang-undang.
Hak dan kewajiban warga negara Indonesia memilik pengertian sikap,tekad,tindakan warga negara yang teratur,menyeluruh,terpadu dan berkelanjutan yang dilandasi oleh kecintaan seseorang pada tanah air dan memiliki kesadaran hidup berbangsa dan bernegara.
Dengan hak dan kewajiban yang sama dalam hal ini, rakyat Indonesia harus memiliki kesadaran yang tinggi dan dituntut agar memiliki peran aktif dalam kehidupan berbangsa dan bernegara yang tentunya untuk pembelaan dan keamanan negara Republik Indonesia. Rakyat Indonesia harus bisa menjaga dan rela berkorban demi bangsa Indonesia, karena hanya dengan bersatu bisa membantu mempersatukan bangsa yang kita cintai ini. Bersatu, berdaulat, adil dan makmur, merupakan cita-cita bangsa Indonesia, jangan sampai Negara kita terpecah belah karena keegoisan semata dari pihak-pihak yang tidak bertanggung jawab.
            Seperti dinegara Korea setiap penduduk pria wajib mengikuti Wajib Militer, karena dengan adanya Wajib Militer ini bisa memberikan bekal untuk penduduk korea agar bisa mempersiapkan diri dalam berperang melawan Negara lain, dan faktor lain yang paling penting dalam Wajib Militer ini adalah agar warga Negara Korea bisa membela Negaranya dari Negara-negara lain.
Berdasarkan undang-undang 1945 pada pasal 32 ayat I tertulis“ Negara memajukan kebudayaan nasional Indonesia di tengah peradaban dunia dengan menjamin kebebasan masyarakat dalam memelihara dan mengembangkan nilai-nilai budayanya”. Dan pasal 32 ayat 2 berbunyi “ Negara menghormati dan memelihara bahasa daerah sebagai kekayaan budaya nasional” .
            Hak dan kewajiban warga Negara Indonesia  harus wajib menjaga dan melestarikan budaya yang dimiliki oleh Negara tercinta kita ini. Jangan sampai budaya kita diambil oleh Negara lain, karena budaya merupakan suatu peninggalan yang paling berharga dari nenek moyang kita, seharunya kita bisa melestarikan budaya yang kita miliki, kita juga harus bangga dengan budaya yang kita miliki, karena budaya yang kita punya mencerminkan jati diri dari Negara kita sendiri.
Cara yang paling tepat dalam melestarikan budaya kita , pertama dengan cara memperkenalkan budaya kita ke Negara-negara lain, dengan cara memperkenalkan budaya kita, maka Negara-negara lain bisa mengetahui kalo itu budaya asli kita. Kedua dengan cara memelihara dan mengembangkan semua budaya yang kita punya, supaya budaya kita bisa terus mengikuti perkembangan zaman yang sudah modern tetapi tidak meninggalkan cirri khas atau jati diri bangsa Indonesia.
            Seperti Negara Korea, disana sering diadakan festival kebudayaan asli korea, seperti makanan khas dari korea, baju tradisional dari korea, adat istiadat yang kental dengan kebudayan korea. Karena pemerintah korea selalu ingin memperkenalkan serta melestarikan semua budaya yang ada di korea, apalagi penduduk aslinya pun ikut serta dan berperan aktif dalam melestarikan buday asli korea. Mereka tidak malu-malu dalam memperkenalkan budaya mereka ke Negara-negara di seluruh dunia. Kalau budaya mereka dikenal oleh Negara lain, maka mereka pun merasa sangat senang.
Seharusnya kita pun juga bisa mencontoh dari Negara korea, karena pemerintah dan warga nya sama-sama berusaha untuk memperkenalkan budaya mereka Negara lain, jangan sampai budaya kita diambil dan diakui oleh Negara lain.
 Cara dalam mempertahankan budaya yang kita miliki adalah sebagai berikut :
1. Ikut serta dalam memperkenalkan budaya kita ke Negara-negara lain, Mempelajari budaya yang kita miliki
2. Ikut serta dalam membantu melestarikan budaya, Berperan aktif dalam kegiatan ekstrakulikuler,  Harus selalu bangga dengan budaya yang kita miliki
3. Tidak acuh terhadap budaya yang kita miliki, Harus selalu peduli dengan perkembangan kebudayaan bangsa kita ini
Semua itu merupakn hak dan kewajiban yang dapat kita lakukan dalam menjaga serta melestarikan budaya yang ada di Negara kita ini. Kita juga harus membela dan mempertahankan keamanan serta menjaga persatuan bangsa kita.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar